Pelajaran berharga dari drakor Start-up

 

Review drama start up

Annyeong chingu, bagi kalian yang selalu mengikuti drama on going. Kalian pasti tidak asing dengan drama yang satu ini kan. Yaa betul sekali, drama yang bakalan aku bahas kali ini yaitu drama start- up. Salah satu drama yang sangat memberikanku inspirasi tentang bagaimana memulai suatu usaha. Bagaimana susah payahnya mengelola bisnis rintisan dari nol, tanpa tau sumber penghasilannya berasal dari mana serta tanpa investor. Terlepas dari perdebatan antara tim Nam do san dan Han ji pyeong, aku akan memberikan bagian yang menarik menurut versiku dari drama ini.

1. Orang yang keras padamu sebenarnya dia tertarik denganmu.

Di awal drama, aku sempat menyalahkan Han ji pyeong karena setiap perkataannya dapat menghilangkan semangat orang lain. Namun, ada bagian dimana aku mengerti tentang sikap kerasnya pak Han ketika Yong san meminta pendapat Ji pyeong tetapi dia dijawab sangat pendek, Yung san bertanya “kenapa jawabannmu sangat pendek” si pak Han menjawab “ jawabanku memang pendek ketika aku tidak tertarik tentang suatu hal”. Aku jadi teringat kembali, kalo setiap jawaban Ji pyeong ke Do san selalu dikomentari dengan sangat panjang. Jadi sebenarnya pak Han sudah tertarik dengan Do san sejak awal.

 2.    Jadikan cibiran pedas seseorang sebagai semangat untuk lebih baik


Aku sangat mengagumi karakter Do san yang tidak pernah pantang menyerah ketika dia dianggap seseorang yang tidak akan pernah sukses, setiap perkataan pedas Ji pyeong dia dengarkan baik-baik tanpa membantah sekali pun tapi bukan berarti dia melupakannya begitu saja. Justru dia jadikan sebagai nasihat kalo dia sebenarnya bisa melakukan hal itu ketika orang lain berpikir dia tidak mungkin bisa. Sekarang perkataan Do san “aku ingin mengubah salah paham menjadi kenyataan” menjadi salah satu quote favoritku. Buktikanlah bahwa yang orang lain pikirkan tentangmu sebenarnya hanya salah paham mereka saja yang ketika diwujudkan akan menjadi hal yang hebat

 3.    Sesuatu yang kalian lakukan bukan hanya sekedar uang tapi bisa berdampak bagi orang lain



Jika Dalmi dan Do san hanya mengejar uang, maka noongil tidak akan pernah terwujud dan nenek Dalmi akan terus hidup dalam kesedihan. Seperti yang aku lihat di dramanya kalo noongil hanya diperuntukkan untuk orang yang mengalami kerusakan pada matanya ( baca Buta). Jika dilihat dari segi penghasilan, akan sangat sulit menghasilkan uang, tapi Dalmi tetap bersikeras untuk melanjutkan aplikasi tersebut karena dia percaya kalo uang bukanlah hal segalanya ketika berbisnis.

 4.    Tetap bersifat profesional dalam berbisnis

Ingat ketika Dalmi mengetahui bahwa Do san yang dia kenal selama ini bukanlah Do san yang mengiriminya surat, dia sangat sedih dan tidak ingin masuk kantor. Namun, dia mengesampingkan semua masalah pribadinya dan berangkat ke kantornya. Harus disadari memiliki masalah dengan partner kerja memang sulit untuk bertegur sapa atau, bahkan kita berharap agar tidak saling bertatap muka. Namun harus disadari kalau bisnis dan masalah pribadi adalah dua hal yang berbeda. Masalah pribadi hanya terjadi antara aku dan kau, tapi bisnis yang kita bangun menyangkut aku, kau dan mereka. Hal yang sama juga dialami oleh Han ji pyeong ketika ingin memberikan saran kepada Chul san, dia melarang Chul san dkk untuk bergabung dengan perusahaan Dalmi. Dia berkata “ aku sangat melarang hal itu sebagai seorang lelaki, tapi sebagai investor “itu adalah ide yang sangat bagus”. Keprofesionalan lah yang Dal mi dan Ji pyeong tunjukkan dalam cerita ini, mereka mengajarkan berapa besar pun masalah pribadimu, jangan sampai berpengaruh dalam dunia bisnismu.  

5.    Perjalanan yang menyedihkan merupakan hal yang sangat berharga

Ketika Do san dkk mengunjungi studio Samsan Tech untuk terakhir kalinya karena studio itu telah disewa oleh pebisnis rintisan yang baru, Chul san menangis karena mengingat semua kegiatan yang telah mereka lakukan di studio itu. Perjalanan mereka yang menyedihkan menurut Do san ternyata sangat dikenang oleh Yong san dan Chul san dan bahkan mereka ingin kembali ke masa-masa itu.  Poin pentingnya adalah Ketika kita menggapai kesuksesan, bukanlah hasil yang selalu dikenang tapi setiap perjalanan menuju kesuksesan itulah yang memberikan kenangan berharga.

Itulah scene-scene favoritku di drana start-up selain kisah asmara antaraa Dalmi dan Do san. Perlu kalian tau, kalu menonton drakor atau apapun genre film atau drama. Kita bisa mendapatkan pesan-pesan moral yang bisa kita jadikan prinsip dalam hidup kita. So, aku piker sekian untuk coretanku kali ini ya, chingudeul. Sampai jumpa di coretan selanjutnya. ANYYEONG. Salam RGB



 

 

Itulah scene-scene favoritku di drana start-up selain kisah asmara antaraa Dalmi dan Do san. Perlu kalian tau, kalu menonton drakor atau apapun genre film atau drama. Kita bisa mendapatkan pesan-pesan moral yang bisa kita jadikan prinsip dalam hidup kita. So, aku piker sekian untuk coretanku kali ini ya, chingudeul. Sampai jumpa di coretan selanjutnya. ANYYEONG. Salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harry potter series the chamber of secret part 1

Kalian tidak tau aku !!!

Review drakor Doom at your service episode 3 dan 4 : rahasia myul mang (Dewa kehancuran)